si kepik bingkie

Minggu, April 13, 2008

Idola Cilik - Nidji

Suka nonton Idola Cilik di RCTI? beberapa minggu belakangan ini bunda rajin nonton idola cilik tiap hari Minggu. Dulunya sih nggak pernah minat untuk nonton, apalagi ngikutin. Tapi gara-gara nenek RBC -itu tuh, adiknya opa alias tantenya bunda- cerita gimana serunya nonton idola cilik, sampe dia kadang nangis sendiri sambil nonton, bunda jadi iseng nyoba mantengin RCTI di hari Minggu. Kebetulan kalo hari Minggu siang emang nggak ada acara lain yang menarik di stasiun TV lain. n u know what, sekarang bunda malah nyandu nonton acara ini tiap Minggu siang. Halah!

Hari ini udah masuk 14 besar. Semuanya bagus2. Sebagian besar malah boleh dibilang luar biasa. Iya luar biasa. Kemampuan mereka sangat luar biasa. Coba liat finalis dari Manado yang namanya Kiki. Subhanallah. Maha Besar Allah yang telah menganugerahkan suara bening dan bakat luar biasa pada seorang anak manusia. Phisically, sosok seorang Kiki sangat biasa. Kecil, berkulit agak gelap dan pemalu banget. Tapi begitu dia nyanyi. Subhanallah. Gak bisa digambarin pake kata-kata. Rasanya semua orang yang denger (ato nonton) akan terkesima. Beberapa minggu lalu, dia nyanyi Kasih Tak Sampai-nya Padi. Walopun aslina ini lagu cinta orang gede, di Idola Cilik, Kiki menyayikan lagu ini untuk ortunya.
Versi asli oleh Padi dinyanyiin 'dalem' banget sama Fadly. Dinyanyiin Kiki? dahsyat bok! Bahkan tanpa sadar (ya pastilah!), bunda sampe nangis waktu nonton Kiki nyanyi lagu itu lewat layar kaca. Ternyata..... penonton lain di studio RCTI (yang nonton langsung) juga begitu. Keliatan banget, waktu lagu itu dinyanyiin, smua yang di studio hening, seolah-olah waktu juga berhenti. Semua terkesima dan terhanyut. Bahkan, Duta -vokalis Sheila on 7- yang jadi salah satu komentator juga sampe nggak bisa ngomong dan berkaca-kaca matanya (nah, brarti bukan bunda aja kan yang terhanyut!).
Selain Kiki, ada finalis lain yang juga bersuara emas. Anaknya mungil, asal Jawa Timur. Namanya Goldi. Suaranya memang nggak setinggi Kiki, tapi luar biasa.

Kalo bunda ngejagoin 2 finalis diatas, bukan brarti yang lain nggak bagus. Bagus semualah. Tapi emang yang 2 ini menonjol banget talentanya. Ada Sivia dan Zahra yang lucu anaknya. Trus ada Sila yang cantik (sepintas kaya Gita Gutawa waktu belom gede). Trus finalis cowok2nya juga keren2, ada yang gayanya bak superstar vokalis band :) wah pokoke ini tontonan yang enak deh!
Hihihi, diantara finalis cowok, ada lho 1 finalis yang kayanya calon ganteng hahaha. Coba aja perhatiin yang namanya Dayat. Itu anak kalo didandanin buat tampil panggung, penampilannya selalu cute, enak diliat. Kayanya sih, bentar lagi bakal digandrungin ama cewek2 ABG hehehe....
Selain Kiki dan Goldi, 12 finalis lainnya adalah: Sivia, Zahra, Ify, Siti, Irva, Angel, Sila, Riko, Dayat, Gabriel, Sion, Septian.

Sekarang kita omongin Nidji ya. Bunda tau band ini pertama kali dari Abang Fengkie alias Abang Nanda. Dulu sih heran aja, kok anak kecil (saat itu dia masih kelas 2 SD kali), minta dibeliin kaset Nidji. Keukeuh, nggak mau pergi dari konter kaset sebelum dibeliin. Ya sud, kita belikan. Dan gara2 si Abang, bunda jadi akrab ama suara mas Giring.
Tau profil Giring dan Nidji juga gara-gara baca majalahnya si Abang: XY Kid dan Orbit.
Oh, bunda pikir, Nidji ini selain didemenin ama orang gede, mungkin juga didemenin ama anak-anak kecil macam Abang kali ya... (Abang ini belum termasuk ABG lho... kata bunda sih dia masih anak kecil...).
Nonton penampilan Nidji juga palingan di TV.
Bunda sih tadinya masih nganggep Nidji ini cuma ordinary new band yang lagi ngetrend dan populer aja. Walopun nggak diragukan penampilan live-nya (yang lagi-lagi cuma bunda liat lewat layar TV) cukup oke dan udah punya banyak fans. Tapi mungkin belum sehebat band-band seniornya macam Padi, Sheila on 7, Gigi.
Sampe sore ini bunda nonton mereka tampil sebagai bintang tamu di acara Idola Cilik.
Ternyata oh ternyata, mereka bukan sekedar band 'biasa'.
Ternyata mereka adalah sekumpulan anak muda yang berbakat luar biasa dan punya aura 'super band'.
Gimana nggak hebat, dari sekian banyak band-band muda yang pernah jadi bintang tamu, nggak ada 1 pun band yang bisa tampil prima, nggak canggung dan nge-blend ama anak-anak kecil -para finalis Idola Cilik- seperti Nidji. Giring dan teman-temannya nggak ngebedain antara tampil di panggung terbuka supergede berpenonton ribuan dengan panggung yang acara dan penontonnya adalah anak-anak kecil. Mereka tampil sama bagusnya!
Belum pernah bunda liat band bintang tamu lain yang nyanyi lagu anak-anak dengan kualitas dan ala band, tapi nggak canggung. Iya, Giring nyanyi lagu Kasih Ibu ala Nidji bener2 gak canggung. Trus dia bisa ajak 14 finalis nyanyi sama dia, nyatu, seolah smuanya adalah anggota bandnya. Gimana nggak hebat! Smua finalis itupun keliatan banget bahwa mereka bangga nyanyi bareng Nidji.
Setelah Kasih Ibu, masih sepanggung sama 14 finalis, Nidji bawain lagu Child. Ini lagu emang keren dan dalem abis. Uedan tenan! Tau nggak, waktu lagu Child, 4 anak kecil di rumah bunda: Abang Nanda, Mas Elang, Fiko dan seorang keponakan bunda, langsung lari ke depan TV dan joget ngikutin beatnya. Wah.... ternyata Nidji emang buat semua umur yak! Di studio, bunda liat penontonnya juga pada nandak-nandak seirama lagunya. Nidji emang band huebat!
Satu lagi catatan bunda tentang kehebatan Nidji. Kan selain 2 lagu tadi, mereka juga bawain lagu Jangan Lupakan. Ini lagu pernah bunda liat video klipnya, yang terkesan dewasa banget, lagu cinta orang gede. Tapi, begitu dinyanyiin di panggung Idola Cilik, kok ternyata lagu ini juga bisa diartikan cinta buat ortu, ato ibu- pokokna maksud bunda bukan cinta roman-roman orang dewasa gitu deh....
Ngeliat Giring nyanyi live lagu ini di panggung Idola Cilik, seperti ngeliat Giring nyanyi lagu ini buat ibunya... Luar biasa, liriknya kok bisa 2 sisi gitu ya...
Salut deh buat Nidji. Jangan berhenti berkarya dan bikin lagu-lagu dahsyat dengan talenta yang kalian punya. Bravo!

Eh, barusan udah diumumin, akhirnya yang nggak lolos babak berikut adalah Riko. Sayang juga. Padahal si Riko ini termasuk anak yang gaya panggungnya gaya anak band :). Performancenya cukup oke, suara lumayan. Tapi ya.... namanya juga kompetisi yang menang kalahnya berdasar sms. Dan kebetulan aja kurang dukungan. Hyalah, jangan patah semangat ya dek... sapa tau, bentar lagi ada band yang nyari vokalis baru :)
posted by si kepik bingkie at 19.28

<< Home