si kepik bingkie

Jumat, April 13, 2007

nonton bareng: naga bonar jadi 2

Setelah Da Vinci Code, tadi malem kita nonton bareng lagi. Pesertanya sih nggak banyak, cuma berlima: Bunda, Rini Welly (sang koordinator lapangan), Lucia, Eldy n Lies Widi. Marisska yang ngusulin program ini malah ga jadi ikutan, lantaran anaknya sakit. Juga Yuli yang mendadak meler idungnya. Lies Pupu juga batal karena takut ga dapet ijin dari sang ’papah’ (hehehe lagi tegangan tinggi yak?? Sabar ya neng... sabar....). Tine juga ga ikutan karena waktunya mepet banget. Yang lain katanya udah nonton.

Soal mepet waktu, emang iya. Kita berlima aja nih yang nekat. Coba sodara-sodara bayangkan, film yang mau kita tonton mulainya jam 1740, di Planet Hollywood pulak, secara itu bioskop ga deket ama kantor (dibandingin Plangi) dan jalan ke arah sana kudu muter. N, jam bubar kantor kita adalah 1730. Teorinya kan kita nggak mungkin sampe dalam waktu 10 menit. Tau sendiri dong, jam-jam segitu jalanan dan puteran semanggi lagi ’meriah’ dan lucu2nya. Tapi emang kalo udah punya niat, segala upaya pun akan dilakukan. Betul nggak? Bunda sih dari awal udah bilang nggak mungkin kabur, soalnya si bos pasti balik kantor menjelang jam bubaran. Jadi udah ngomong ama Rini, sang kor-lap, supaya aku nyusul aja (kalo mereka mo jalan duluan).

Jam 5.30 tet, bunda pamit ama si bos. Langsung turun, cegat taksi. Yang lain udah jalan duluan pake 1 mobil doang, karena masih jam ’3 in 1’. Sampe di Hollywood, Rin-Wel, Luci n Eldy udah masuk. Lies Widi yang kebetulan mau ambil jaket di mobil, nggak ikut masuk, sambil pegangin tiketnya bunda. Ketemuan ama Lies di lobby, sebelum masuk bioskop, sempet beli makanan kecil dan minuman buat Lies. Ternyata, dia puasa juga. Kalo bunda, emang udah bekel teh kemasan botol, biskuit n coklat buat buka puasa. Yang spesial dibeli di Club Store waktu istirahat siang.

Film yang kita tonton -Naga Bonar Jadi 2- bagus. Recommend deh buat ditonton. Ini filem bukan film berat. Enteng n gampang dicerna, tapi bukan film kacangan, karena banyak hikmah dan sarat akan makna. Ini filem, dari ujung ampe ujung bikin bunda ketawa ngakak. Asli ngakak. Tapi di sela2nya, banyak juga yang menguras air mata (hehehe, untung bioskopnya gelap… jadi gak ketauan orang2….). Banyak adegan yang mengharukan. Soal akting, Deddy Mizwar emang jempolan. No doubt! Aktingnya benar2 kelas wahid! Pemain lain yang bisa ngimbangin om Deddy adalah Lukman Sardi. Sebagai sopir bajaj, dia benar2 menjiwai perannya. Yang lain mah so-so lah. Wulan Guritno juga lumayan oke. Mungkin karena pengalamannya bertaun-taun main sinetron. Mungkin blom sedahsyat aktingnya Dian Sastro atawa Christine Hakim. Tapi dia cukup baik membawakan perannya. (Ato mungkin karena perannya kurang menantang ya?). Menurut bunda nih, lebih bagus aktingnya Wulan Guritno di “Dunia Tanpa Koma” (itu sinetron ama film sih? Tau deh, yang jelas diputernya di TV).

Soundtracknya juga oke. Lagu2 kebangsaan iramanya dibikin lebih ngebeat, tapi nggak menghilangkan nilai2 patriotiknya. Misalnya lagu ’syukur’ dan ’bagimu negeri’, kalo dinyanyiin/dibawain dengan tempo yang biasa kita dengar, nggak heran kalo bikin kita jadi terharu dan keluar air mata (sumpe... kalo denger lagu2 beginian, bunda suka nggak bisa nahan air mata, selalu aja ada rasa ’gimanaaaa gitu.... Kalo di public area kan bisa malu2in, wong nggak ada apa2 kok tiba2 nangis. Tau tuh, kayanya rasa tersebut ’keasah’ gara2 jaman SMA aktif di kompi pengibar bendera (KI. PKBR) sekolahan. Padahal itu udah lebih dari 16 taun lalu).

Salah satu adegan yang bagus banget, adalah waktu om Deddy di depan patung Jenderal Sudirman (yang baru beberapa taun lalu dibangun di tengah2 jalan Sudirman, depannya Landmark/BNI Dukuh Atas itu lho). Si om Deddy ini berteriak dan memohon supaya Jenderal Sudirman menurunkan tangannya, karena menurut Naga Bonar, tidak semua kendaraan roda empat itu pantas dihormati. Giling bo’, dalem banget! Ampe bikin nggak bisa nahan air mata. Akting dan ekspresinya bener2 luar biasa. Bikin miris hati. Terus yang keren juga, waktu bajajnya (yang disopirin Umar/Lukman Sardi) di setop polisi karena masuk jalan thamrin, dengan naifnya Naga Bonar nanya kenapa bajaj gak boleh lewat. Karena menurut Naga Bonar, kalo peraturan semacam itu dibuat ama Belanda, dia bisa ngerti, karena Belanda emang suka cari perkara. See? Kepikiran nggak sih, dalam pandangan orang awam, peraturan kadang dianggap bukanlah untuk mengatur segala sesuatu agar menjadi baik, tapi lebih menjadi hal yang ‘menyusahkan’. Realitanya, memang ini pandangan sebagian rakyat kecil. Nyatanya, peraturan lebih banyak menyingkirkan mereka untuk terus terpinggirkan. Padahal, bukan mau mereka untuk jadi orang miskin dan bodoh kan? Mungkin mereka menjadi seperti sekarang karena kesalahan system dalam masyarakat kita.... Dan ini PR buat petinggi-petinggi kita yang diberi amanah oleh rakyat banyak. Mudah2an mereka nggak lupa, bahwa pertanggungjawabannya bukan di hadapan MPR atau manusia manapun, melainkan di hadapan Allah, di yaumil akhir kelak..... So, salut buat om Deddy. 4 jempol saya acungin. Mudah2an pesen moralnya sampe ya om…. Mudah2an dengan bikin film2 model begini, bukan cuma hobi dan ide yang tersalurkan, tapi ada ganjaran pahala dari Allah SWT, karena dengan kemampuan dan kapabilitas yang om Deddy punya, om Deddy udah berusaha untuk ‘amar ma’ruf nahi mungkar’ lewat film (hiburan) yang Insya Allah bisa menggugah matahati orang lain….. Amin.

Rasulullah saw., sebagaimana dituturkan oleh Ma’qil bin Yasar, bersabda: “Seseorang yang memimpin kaum Muslim dan dia mati, sedangkan dia menipu mereka, Allah akan mengharamkan dirinya masuk ke dalam surga.” [HR al-Bukhari dan Muslim].

Label:

posted by si kepik bingkie at 13.13

<< Home