si kepik bingkie

Sabtu, Mei 20, 2006

soto daging cak ali zen

Deket Jembatan Cawang, ada warung tenda yang jual soto uenak luar biasa. Yaitu soto Cak Ali Zen. Jualannya cuma malam hari, kira2 mulai ba’da Maghrib sampe tengah malam (kayanya malah sampe lewat tengah malam deh).

Sebetulnya sih bukan hanya soto daging. Bisa juga daging + jeroan (usus dan teman-temannya). Boleh soto “pisah” yaitu soto dan nasinya terpisah, atau soto “campur”, yaitu nasinya sudah dicampur ke dalam mangkok soto yang kita pesan.  Hebatnya, walaupun udah lebih dari 19 tahun jualan (mungkin malah lebih lama dari itu deh…), rasanya masih tetap sama enaknya. Bedanya sekarang harganya lebih mahal, padahal porsinya makin kecil n dagingnya tambah irit.

Barusan aku n Yan baru aja pulang dari makan soto cak Ali Zen. Sekarang harga seporsi soto campur-nya Rp 4000. Dulu sih murah banget. Kalo nggak salah, mungkin hanya Rp 1500. Tapi itu dulu, waktu US Dollar masih kurang dari 2000 kaleee.  Yang jualan juga masih sama, walaupun asisten-asistennya udah gonta-ganti orang.  Oh ya, harga krupuknya juga masih sama, seribu sebungkus.

Soto Cak Ali emang top. Soalnya di saat kita laper di tengah malam, itu warung masih jualan. Kadang malah lagi rame-ramenya.  Pokoknya doi emang setia J

Aku makan di situ dari jaman duluuuu banget. Kalo nggak salah inget sejak masih sekolah di SMP (aku lulus SMP aja taon 1987!). Kayanya yang ngajak pertama kali adalah kakak sepupuku, Kak Ilyas. Dia suka traktir makan disitu. Soalnya kan murah meriah. Makanya mau tambah berapa mangkok juga boleh….

Terus, selepas SMA, kalo sahabat2 SMAku pada main n nongkrong di rumah, n menjelang tengah malam pada kelaparan, jadilah Cak Ali Zen tempat makan favorit kami. Aku nggak ingat, apakah pernah ngajak Ivien n Kelik ke situ. Yang sering sih sama Dodi. Nggak bakal lupa deh, kalo makan sotonya cak Ali, doi kudu 3 mangkok!

Terus, waktu mama ke Kalimantan -ke rumahnya Kak Ilham yang dinas disana- aku, Acho n Endi, sering banget “makan malam” disana (kalo lagi nggak beli nasi goreng di depan Suara Pembaruan).

Terus waktu masa ‘penjajakan’ ama Yan, kita juga sering makan disitu. Maklum, kantong mahasiswa!

Kemudian, setelah menikah dan mengandung Nanda, aku dan Yan juga sering mampir Cak Ali sebelum pulang ke rumah. Soalnya, jam pulang kerja gitu, lapernya minta ampun. Namanya juga ibu hamil!

N setelah punya 3 krucil, kadang aku dan Yan iuga beberapa kali makan disana. Biasanya nggak sama anak-anak, cuma berdua, naik motor…. Yang jelas sih, nggak sesering dulu, jaman masih bujangan :P

Cak Ali emang masih seperti yang dulu. Rasa sotonya, suasananya, termasuk jumlah pengamennya! Bayangin, baru duduk, udah ada yang ngamen. Saat kita ngaduk soto (lagi ngiler-ngilernya tuh…), ada lagi yang genjreng. Ntar, selesai makan, ada lagi yang nyanyi! Kadang gak pake gitar, tapi cuma sambil tepuk tangan. Males gak seh dengernya…..  Jadi sambil sibuk makan, kita juga sibuk nolak tukang ngamen. Makanya, Yan suka males diajak makan ke Cak Ali, kecuali kalo pas lagi kangen banget (kaya tadi!) ato saat aku lagi hamil (ngidam? Nggak juga, wong 3 kali hamil, tidak pernah ngidam tuh….).  Jadi, kalo makan di Cak Ali, jangan harap bisa leha2 kaya makan di Cafe. Kecuali kalo kita siap dinyanyiin tukang ngamen terus2an…. (medley ya?)

Jadi, kalo kapan-kapan lewat Jembatan Cawang, mampir deh! Dijamin, bakal ketagihan….

Dari Abu Umamah: Bahwasanya Nabi Saw. Ketika habis bersantap, sambil mengangkat sisa hidangan membaca doa: Segala puji bagi Allah dengan sebanyak-banyaknya dan sebaik-baiknya, serta diberkati, tanpa terbalas, dan kami senantiasa membutuhkannya, ya Tuhan kami. [ HR Bukhari ]

(dari: Riadhus Shalihin)



Label: ,

posted by si kepik bingkie at 09.13

<< Home